Kamis, 28 Mei 2015

Budaya dan kuliner khas sumbawa

Sumbawa besar adalah ibu kota kabupaten Sumbawa yang berada di Nusa Tenggara Barat. Pulau Sumbawa memiliki banyak keragaman budaya, adat, maupun kuliner. di kota Sumbawa besar sendiri terkenal dengan budayanya yang khas diantara lain barapan kebo, barapan jaran, karaci dll. tidak hanya itu, Sumbawa memiliki ciri khas kuliner yang tidak akan teman-teman temui di daerah lain, seperti sepat, singan dll.
postingan kali ini saya ingin membahas seputar budaya dan tradisi tersebut.


1. Barapan kebo
Barapan kebo adalah sebuah budaya karapan kerbau yang diturunkan oleh nenek moyang masyarakat sumbawa. barapan kebo biasanya di lakukan pada musim tanam padi. karapan ini dilakukan di area persawahan yang tekstur tanahnya berupa lumpur. yang menjadikan budaya ini memiliki nilai unik adalah dimana tradisini ini sekaligus merupakan perlombaan magis antara sandro-sandro ternama di daerah tersebut. owh iya, buat teman-teman yang gak tau sandro itu apa, sandro adalah panggilan untuk seorang dukun di daerah sumbawa. para sandro berlomba-lomba membuat rintangan dengan kekuatan ghoib agar joki yang mengendelakin kerbau tidak mampu menabrakan tiang saka.  jika joki mampu menabrakan kerbau ke arah tiang saka, maka mendapatkan poin atau score.

2. Main jaran
Merupakan salah satu budaya daerah Sumbawa yang sudah ada sejak lama. main jaran atau pacuan kuda merupakan tradisi yang biasanya di selenggarakan setiap tahun, terutama saat merayakan 17 agustus. berbeda dengan barapan kebo, main jaran sama sekali tidak menggunakan unsur magis dalam penyelenggaraannya. namun yang menjadikan tradisi ini menarik adalah dimana joki yang mengendarai kuda adalah anak-anak berusia 8-10 tahun. terdengar sedikit mengerikan, yah begitulah adanya budaya yang di wariskan oleh nenek moyang.

3. Karaci
Karaci adalah seni pertarungan khas daerah Sumbawa yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan pemuda zaman dulu. karaci merupakan pertarungan yang menggunakan pemukul dan tameng yang sudah di tentukan. hal yang membuat tradisi ini unik adalah di dalam sebuah pertarungan, peserta karaci biasanya saling membalas lawas atau di sebut juga pantun. sehingga tidak hanya menegangkan, tradisi ini memiliki nilai humor dari lawas-lawas para peserta karaci.

4. Sepat
Sepat adalah masakan khas Sumbawa yang berbahan dasar ikan bakar. dengan campuran kuah yang terbuat dari rempah-rempah alami seperti cabai, daun kemangi, tomat, bawang merah,kemiri, belimbing, terong yang di bakar dll. sepat biasanya banyak di jumpai pada bulan suci ramadhan. makanan ini sudah menjadi makan pokok setiap rumah selama 30 hari berpuasa. rasanya yang khas membuat masakan ini diminati banyak orang.  makanan ini  biasanya dilengkapi dengan krupuk kulit khas sumbawa yang biasanya masyarakat sumbawa menyebutnya mikong.

5. Singang
Singang merupakan masakan sederhana khas Sumbawa yang berbahan dasar ikan. terbuat dari bahan-bahan yang mudah di jumpai di pasar umum. singang merupakan makanan yang khas dengan rasa kunyit sebagai perpaduan bumbunya. teman-teman bisa menemukan masakan inisetiap hari di daerah sumbawa.

Sourch images : http://www.sumbawakab.go.id/images/upload/unnamed.jpg

0 komentar:

Posting Komentar