Sabtu, 28 Desember 2013

Makanan Kaya Akan Gizi

Banyak sekali jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi,  sangat baik untuk tubuh dan kesehatan manusia jika hendak membiasakan mengkonsumsi jenis-jenis makanan ini.
Adapun makanan bergizi tinggi ini yaitu di antaranya :

Kacang-kacangan
Kacang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang jika dikonsumsi pada siang hari akan akan menjadi pendukung energi dan daya kerja otak pada sore hari. Kandungan protein dan karbohidrat yang kompleks menjadikan kacang sebagai salah satu sumber energi bagi otak anak-anak. Selain itu, kacang juga kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral.

Gandum murni
Gandum murni memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi, yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan sistem syaraf otak anak-anak. Selain itu, serat yang terdapat di dalam gandum murni juga akan mendukung otak untuk memenuhi kebutuhannya akan persediaan glukosa.

Selai kacang
Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh otak adalah vitamin E. Vitamin E ini akan berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi membran-membran sel saraf. Selain itu, vitamin E juga dapat mendukung otak dan sistem syaraf dalam penggunaan glukosa untuk melengkapi kebutuhan energi otak. Vitamin E ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi selai kacang.

Sayuran berwarna
Anak-anak juga dapat memperoleh sumber nutrisi dan zat antioksidan bagi sel-sel otak mereka dengan banyak mengkonsumsi aneka sayuran berwarna. Wortel, ubi jalar, labu, tomat, bayam, dan sebagainya merupakan beberapa contoh sayuran kaya nutrisi, yang sekaligus dapat menjadi sumber antioksidan bagi otak anak-anak. Mengkonsumsi sayuran berwarna akan membantu menyehatkan dan memperkuat daya kerja otak anak-anak.

Berry
Ekstrak blueberry dan strawberry dapat membantu perbaikan daya otak bagi anak-anak. Selain mengandung vitamin C berkadar tinggi yang dapat mencegah penyakit kanker, berry juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Strawberry, cherry, blueberry, dan blackberry adalah beberapa jenis berry yang banyak dikenal di masyarakat. Biasanya, semakin kuat warna berry, maka semakin tinggi pula kandungan nutrisi di dalamnya.

Salmon
Ikan jenis salmon ini memiliki kandungan yang sangat bagus bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak, yaitu kandungan asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang tinggi. Hasil penelitian telah menyatakan bahwa anak-anak yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak ternyata memiliki daya ingat dan kecerdasan yang yang sangat memuaskan ketimbang anak-anak yang memperoleh sedikit asupan asam lemak. Dan telah diketahui pula bahwa ternyata ikan salmon ini memiliki kandungan asam omega-3 lebih tinggi ketimbang ikan tuna.

Oat/Oatmeal
Salah satu jenis makanan sereal yang kaya akan kandungan zat-zat yang diperlukan oleh otak anak-anak adalah Oatmeal. Di dalam Oatmeal terkandung sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan juga seng. Semua zat penting tersebut akan membantu tubuh dan otak anak-anak untuk dapat bekerja secara maksimal. Oatmeal ini sangat baik untuk dijadikan menu makan pagi bagi anak-anak, karena ia akan menjadi bahan bakar otak mereka di pagi hari.

Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak akan membantu menyediakan zat besi bagi otak anak-anak. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga memiliki kandungan seng, yang juga berfungsi untuk memelihara daya ingat anak-anak. Kedua zat tersebut akan membuat anak-anak mampu berpikir dan berkonsentrasi dengan maksimal.

Telur
Bahan makanan lain yang juga memiliki kandungan penting bagi tumbuh kembang anak-anak adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi ini ternyata juga memiliki peran yang cukup baik dalam membantu meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Telur yang merupakan salah satu bahan lauk-pauk yang relatif lebih murah ketimbang bahan makanan atau bahan lauk ini, ternyata sangat baik untuk dijadikan asupan bagi anak-anak. Adanya kandungan kolin di dalam kuning telur, ternyata mampu membantu meningkatkan daya ingat anak-anak.

Susu dan Yogurt
Selain dapat memberikan rasa kenyang, susu dan yogurt merupakan bahan makanan yang sangat penting bagi tumbuh kembang otak anak-anak. Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi yang terdapat di dalam susu dan yogurt akan sangat membantu dalam proses pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Baik anak-anak maupun remaja, susu merupakan salah satu bahan makanan yang jangan sampai terlewatkan, karena sangat berguna bagi tumbuh kembang dan daya kerja otak mereka.

Demikianlah kurang lebihnya informasi tentang jenis makanan yang mengandung gizi tinggi , semoga memberi manfaat dan motivasi untuk kita senantiasa gemar mengkonsumsi makanan-makanan sehat :) .

33 komentar:

pertamax nie gan.hehehe
dari sekian makanan yang bergizi hanya beberapa saja yang pernah masuk ke perut saya
hehehe
nice info gan

yang paling sering kacang-kcangan dan telur sama sayuran dong nih gan :D

selamat mas tahar jadi pertamax, hehe

rumput gak termasuk ya gan, agagaga

nice post gan, artikel yang sangat bermanfaat bagi kesehata tubuh kita

haha ,oke mas tahar . semoga jenis makanan bergizi tinggi lainnya segera sempat untuk mas tahar konsumsi. terima kasih untuk pertamaxnya .

haha , gag papalah gan . di syukuri aja , itu juga rezeki . hehe

rumput ??? gag tau juga sih gan , kayanya gag ya .
sepanjang sejarah bani Adam kayanya belum ada tuh kaum yang mengkonsumsi rumput .

Makanan 4 sehat 5 sempurna tetep no sob :D

Setiap hari saya selalu makanan yang bergizi Mas Surya agar daya tahan
Dan fisik kuat untuk menjalankan Amanah dan Ibadah, tiadak lain dengan
Makanan yang bergizi maka tenaga dari tubuh kita akan stabil dan tentunya
Kerja lebih semangat yah Mas. makasih atas info makanan bergizi nya salam :)

Allhamdulillah mas Saud ,
terima kasih atas kunjungannya .

alhamdulillah kerana semua makanan itu saya makan.. :D

Alloh tidak menciptakan sesuatu dimuka bumi ini kecuali bermanfaat.

Hampir semua buah dan sayuran mengangandung gizi,vitamin,untuk kesehatan tubuh,Subhanalloh ......

Bang Mampir nih saya :) buat ngeramein :)

Admin
Cyber4rd

yah terima kasih kunjungannya mas :)

Gak nyangka, dari daftar makanan yg disebutkan ternyata udah pernah ane lahap semua sob wkwkwk :D

Yang susah adalah mendapatkan gandum murni

selamat gan , agan pantas dapat pop mie . hehe
:)
terima kasih atas kunjungannya gan .

bener sekali mas , mau gimana lagi di indonesia sih tidak ada pertanian gandum ,
sekalipun ada paling jarang mas .

dari sekian banyak,anak saya ga suka salmon,huhu..
saya juga ga tau kenapa,padahal dari ikan lele,bandeng,mujair,kakap,tuna,tongkol,mas,tengiri semuanya masuk,kecuali salmon. haduh... :(

ehh kok bisa yah kak .
padahal kandungan gizi ikan salmon baik sekali yah .

yang saya sering makan cuma telur doang. wah berarti saya kurang gizi

emmm , kurang tau juga yah mas .
kalo selma ini gag ada keluhan sama kesehatan mngkin gag kurang-kurang bangetlah .
hehe

yg ada di rmh ku cuman kacang dan telor. Susu blm beli.

telur makanan kaya gizi yang mudah dan murah ditemukan

Yeah terima kasih infonya ...
Tapi untuk ikan salmon itu senndiri aku tidak tau yang mana dan bentuknya bagaimana..
Maaf orang kampung taunya cuma ikan pindang,teri :-)

sama malah yg ada vuman beras gan , malumlah anak kontrakan , jadi lauk pauk beli di warung , hehe

bener sekali gan , hampir di setiap pelosok desa maupun kota sangat mudah di temukan .

untuk untuk liat gambarnya , bisa search di google aja deh kak . praktis , hehe
terima kasih kunjungannya kak :)

wah baru tau saya, nice post haha

terima kasih mas arta atas kunjungannya

Posting Komentar